BEDA “QUILT” DAN “PATCHWORK”

Kompas, 20 Nov 2007

BEDA “QUILT” DAN “PATCHWORK”

    Sebagian orang tak bisa membedakan patchwork dengan quilt.
Padahal, keduanya amat berbeda. Patchwork adalah kerajinan yang
menggabungkan potongan kain perca satu dengan lainnya yang memiliki
motif atau warna berbeda menjadi bentuk baru. Biasanya potongan perca
berbentuk geometris. Patchwork sangat mungkin dibuat dengan
menggunakan mesin jahit.
    Menurut Pingkan, patchwork merupakan seni tradisional dari
Amerika Serikat (AS) yang tumbuh saat orang-orang pertama dari Eropa
mendiami AS. Saat itu mereka sulit mendapatkan segala sesuatu,
termasuk selimut. Oleh karenanya, kain-kain sisa lalu digunting dan
digabungkan menjadi selimut.
    Namun pada perkembangannya, patchwork tak sekadar menjadi
selimut, tetapi juga bisa berupa hiasan dinding dan lukisan.
    Sedangkan quilt adalah kerajinan perca yang seluruhnya dijahit
dengan tangan memakai teknik tusuk tindas. Patchwork merupakan salah
satu aplikasi yang bisa digunakan dalam quilt.
    Quilt dikenal sebagai seni tradisional dari Inggris, meskipun
beberapa literatur menyebutkan quilt telah ditemukan dalam kuburan-
kuburan di Mesir sebagai perbekalan yang dibawa ke akhirat bagi orang
meninggal.
    Literatur lain menyebutkan, saat perang salib, tentara Inggris
memasuki Asia dan menemukan quilt. Quilt lalu dibawa ke Inggris
setelah perang usai.
    Quilt yang tebal dulu dikenal bukan sebagai selimut atau bedcover
seperti belakangan ini. Quilt digunakan sebagai baju pelengkap saat
perang. Sebab, quilt merupakan tumpukan kain atau kulit binatang yang
tebal dan berfungsi menahan tusukan pedang hingga tak sampai
menyentuh kulit serdadu.
    Literatur lain menyebutkan, quilt sebagai selimut sudah dikenal
sejak abad ke-14 di Inggris. Namun pada abad ke-18, quilt
dikembangkan sebagai aplikasi pada berbagai barang rumah tangga, juga
pada ornamen pernikahan.
    Untuk membuat quilt dibutuhkan dua lembar kain katun dan selembar
kain pelapis yang disebut dakron empat ons per meter yang tak terlalu
tebal atau tipis. Kain katun pertama di sebut top. Di atas top
biasanya dibuat aplikasi dari kain-kain berbagai warna yang dibentuk
berupa desain bunga, binatang, abstrak, atau bisa juga diaplikasikan
patchwork. Kain top dilapisi dakron, lalu ditutup kain alas. Semua
kesatuan itu dinamakan quilt.
    Quilt memerlukan jahit tangan agar lekukan gambar bisa diikuti
sehingga hasil akhirnya tak menjadi kaku dan berkerut. Quilt bisa
untuk bedcover, selimut, keset di bawah tempat tidur, karpet, taplak
meja, sarung bantal, tas dan lainnya.
    Untuk membuat karpet atau keset dibutuhkan bahan katun yang lebih
tebal agar lebih awet. Kain dari benang sintetis sulit dipakai untuk
quilt karena kaku, terlalu keras atau terlalu lentur. (YNT)

About these ads

~ oleh warungminum pada Juni 13, 2008.

37 Tanggapan to “BEDA “QUILT” DAN “PATCHWORK””

  1. di bandung kursus patchwork dan quilt ada dimana ya mba?

  2. ini alamatnya mba,

    Belajar bikin boneka dan quilt

    Jl Neglasari No 4 Ciumbuleuit Bandung, Jawa Barat

  3. makasih mba, tar saya coba ke sana.

  4. ok mbak. selamat belajar

  5. halo mbak…
    mo nanya kl toko yg menjual produk tas quilt, kl di jakarta dimana ya…?th

  6. kalo beli bahan2 kain bwt quilt di bandung dimana mba? nuhun…

    • coba di skitar pasar baru. di jalan tamim ada toko yg kainnya berharga miring. tokonya sangat khas. pintunya cuma dibuka dikit. soalnya kalo dibuka semua mungkin kain2 d gudangnya bisa ngegelundung semua ke jalanan. hehehe.cuma ada deretan kain dipajang di pintu toko.pemiliknya kakek2 tionghoa.

  7. mba kalau di jakarta sendiri belajr quilt dimana ya?thx.

  8. saya domosili solo.Pingin banget belajar patchwork&quilt.Disolo ada g ya,mbk?

  9. mba, saya ani. salam kenal say amat tertarik dan mau belajar quilt, tp yg dijakarta. thxs yah.

  10. mba boleh minta cara pembuatan pathwork dan quilt,,,
    kebetulan saya banyak bgt perca kain dirumah,,,tp masih bingung mau dibuat apa?
    mksh,,,,

  11. Lam kenal mb. Kalo di semarang ada gak kursus quilt? Kalo mau dijahit, pakai benang khusus gak? Tq

  12. mba, klo di sby kursus utk belajar quilt dimana ya? trims……..

  13. Kalo ada yg mo belajar buat Quilt…yg aku tau ya mesti kontak Club Nova 021-5330150 (bilang minta di sambungkan ke Club Nova), kalo yang mau belajar sendiri ya bisa pesan bukunya ke 081.599.633.04 – dengan Bpk. Budi (Bukunya Import atawa berbahasa Inggris)…itu aja infonya.

  14. kebetulan saat inin aku sedang menekuni pacthwork quilting juga, cuman yg sampe sekarang saya masih bingung…..utk quiltnya kan saya kerjakan dg tangan…senganja memang biar kelihatan tindasannya…..tp ya itu….bingung nyari benang utk quilt tangan pake benang apa ya yg emang bagus…..infonya dong sis klo emang tahu..thanks ya sebelumnya………

  15. mba< boleh minta no telp nya

  16. mba, no telp yg neglasari maksudnya :) sy mau tau jaan menuju ke sana lewat mana ancar2nya

  17. di jambi ada g’ kursus quilt?

  18. mba kl di bandung dmn yach sy bisa bljr bikin country doll?
    tq

  19. mba kl tmpt kursus bikin boneka country doll di bandung dmn? tq

  20. mbak ajarin dong cara bikin quilting untuk pemula, makasih ya, ditunggu lho jawabannya.

  21. jalan tamim yang jual bahan itu tepatnya dmn ya?

  22. maaf mba, kursus d bdg selain di ciumbuleuit, ada dmn lagi ya? thx

  23. Patchwork is a traditional art which originated from Europe who first occupy and inhabit the United States, because it is on low position and the difficulty getting materials, so they take advantage of the remnants of fabrics that are damaged or cannot be used to cut it and then made a form that can reused, including blanket….http://www.patchworki.com/patchwork-and-quilt-turned-out-different/

  24. sy domisili solo, adakah yg mengetahui komunitas patchwork di solo?trims

  25. saya di solo ingin kursus quilt, ada yg bisa bantu ga?

  26. di Bandung, ada sebuah toko kecil di Baltos (Balubur Town Square) lantai D2 namanya Etnik Gakleri menjual product2 cantik Patchwork dan Quilting dari Batik.

  27. mba,kalo di semarng mau belajar quilt dimana?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: