Dramaga

Dramaga, Bogor. Kenal gak? Itu loh tempat berdirinya kampus Institut Pertanian Bogor. Tempat gw kecil nih. Rumah ortu.

tapi gw gak kenal nih daerah. Cuma inget aja siih waktu kecil di sekitar IPB itu kebun karet. Trus di deket rumah ada lonceng bbelanda, nama tempatnya Tegal Loceng. Buat apa? Gak tahu. tapi ibu bilang duulu sih kalo pagi jam enam tuh lonceng berbunyi kenceng banget. Suaranya bisa kedengeran sampai radius 7 kilometer-an dari Tegal Loceng.

Penasaran juga kenapa namanya Dramaga. Katanya sih duulu dii situ tepi laut. Ada dermaga. Buktinya di dekat situ ada ggunung kapur yang menjadi salah satu tanda jutaan tahun lalu di tempat itu adalah laut. Hm….tapi emang jaman baheula dah dikenal kata dramaga juga ya?

Tapi daripada kuirus karena penasaran, akhirnya gw cari-cari sejarah Bogor yang menyinggung kota dramaganya. Eh gak ada tuh. Cuma nemu bahwa di awal tahun 1800-an di Dramaga itu tinggal keluarga belanda bermarga Marmot…–gw pernah ketemu waktu kecil di kebun nenek gw, dia lagi loncat-loncat trus sembunyi di semak-semak…:) —

eh pas lagi main2 di Festival Teh di Bandung Supermall, ketemu sama pak Kuswandi pemilik Rumah Bambu yang nyimpen sejarah perkkebunan teh di Jawa (atau Indonesia ya?). Nah di situ ada peta Jawa tahun 1936. Eh desa gw dramaga dah masuk di peta loh.Hore…hore….aku semakin bersemmangat mencari tahu kayak gimana sih dramaga di masa lalu?????????????????????

ntar diterusin lagi ceritanya kalo dah dapat penemuan baru.

~ oleh warungminum pada September 10, 2008.

Tinggalkan Balasan

 
