Kiat Jadi Pengusaha Sukses 1

Sudah lama sekali saya tidak posting tulisan di Warungminum. Eh, tahu-tahu muncul dengan judul tulisan kayak begini…huehehehe…Gaya banget ya. Bukan karena saya sekarang sudah jadi pengusaha sukses loh. Tapi karena emang lagi seneng aja belajar berwirausaha.

Nah salah satu sarana saya belajar adalah buku. Dari sebuah buku berjudul Membuat Usaha Sukses dari Rumah terbitan Penerbiut Buku Kompas (2006) saya mengambil banyak ilmu. Salah satu kiat  akan saya sebutkan dalam tulisan Kiat Jadi pengusaha Sukses ini.

Resep pertama saya dapat dari tulisan berjudul “Tee Giok Yong, Semalam Suntuk Membuat Gepuk”. Perempuan pengusaha kuliner dari Bandung ini dikenal dengan produknya; Gepuk Ny Yong. Anda mungkin pernah berkunjung atau makan di tempat makannya, atau bahkan pelanggannya?

Ny Yong memulai usahanya hampir 30 tahun lalu. Awalnya orang sering memuji masakannya yang enak. Lalu ketika suaminya meninggal dunia, ia pun membangun usaha katering untuk mahasiswa yang kost. Tetapi membuat katering banyak kendalanya, antara lain biasanya anak kost memiliki jadwal pulang ke kost-an tak tentu sehingga ketika makanan di antar bisa jadi mereka tak ada di kost. Padahal, untuk mengantar makanan ke mahasiswa butuh waktu cukup lama. Belum lagi ketika mahasiswa pindah kost entah kemana, padahal belum bayar katering.

Karena kendala itu, Ny Yong membutuskan membuat warung nasi yang kemudian mengantarkannya menjalani bisnis ini cukup lama.  Apa ya yang membuat Ny Yong bisa bertahan sedemikian lama?

1. Kerja Keras — Ny. Yong bilang selama 15 tahun dari sejak ia membuka usahanya,  ia jarang tidur malam karena harus berbelanja dan memasak dagangannya.

2. jaga kualitas produk — karena ia me njual makanan, maka ia sangat memperhatikan kebersihan makanannya. Kalau ada karyawannya yang tak sengaja meneteskan air ke masakannya,walau cuma setetes, Ny. Yong akan minta agar makanan tersebut dimasak lagi hingga mendidih. Ia juga menuntut dapurnya tetap bersih, termasuk perkakas yang digunakan untuk memasak.

Udah dulu ah.

 

 

#MENERIMA PENERJEMAHAN TEKS DALAM BAHASA INGGRIS KE BAHASA INDONESIA. SMS ke 085691181038#

~ oleh warungminum pada Agustus 16, 2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: