Cegah Anak Jadi Gemuk

Orangtua harus menginvestasikan kesehatan bagi anak-anak mereka.Salah satu caranya adalah mencegah buah hatinya menjadi gemuk.

Anak yang gemuk menabung penyakit setelah dewasa dan kelak setelah tua. Kegemukan sejak kecil membentuk pola tubuh yang tak mungkin dikoreksi setelah anak dewasa karena ukuran sel-sel tubuhnya lebih besar dan jumlah selnya pun melebihi normal.

Anak yang sehat tidak gemuk dan tidak kurus. Kalau orangtua cerdas dalam memberi makanan sehat bagi anak, ada peluang untuk menambah panjang harapan hidupnya kelak.

Harapan hidup anak terentang panjang apabila jarang sakit, termasuk penyakit yang diakibatkan oleh komplikasi dari kegemukannya. Anak yang gemuk sejak kecil beresiko terkena diabetes, hipertensi, batu empedu, atau kanker.

Orangtua mengajarkan anak untuk makan dengan kepala, bukan hati.  Hindarkan mereka dari makanan berkelebihan kalori dan lemak. Menu berkalori tinggi biasanya diperoleh dari minyak, lemak, gajih, dan gula.

Anak dengan menu makanan dengan kalori dan lemak berlebih cenderung memiliki kadar lemak (lipid) dalam darahnya sejak usia remaja. Kondisi ini menyebabkan anak memiliki “karat lemak” dinding pembuluh darah. Ini jenis penyakit pembuluh darah yang berpotensi merongrong jantung, otak, ginjal (Nadesul, 2006: 7-8).

O…ow…Menu makan di rumah agak kacau kayaknya. Jadi pingin bikin menu makan lebih baik lagi deh….

 

 

 

#MENERIMA PENERJEMAHAN TEKS DALAM BAHASA INGGRIS KE BAHASA INDONESIA. SMS ke 085691181038#

~ oleh warungminum pada Agustus 21, 2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: