Bikin Ketupat Hemat Energi

Bentar lagi lebaran. Pasti banyak banget yang mau bikin ketupat. Cuma, niat sering menguap gara_gara ribet ngikutin proses bikin ketupat yang lamaaaaa dan boros energi.

Pembuatan ketupat dimulai dengan mengisi selongsong ketupat dengan beras yang sudah dicuci bersih hingga mengisi  separuh selongsong. Lalu selongsong direbus sekitar 4 – 5 jam. Air rebusan biasanya habis sebelum ketupat  matang sehingga kita harus rajin memantau air rebusannya dan menambahkan air panas ke dalam panci.   Ini bagian paling menyebalkan. Ngabisin tenaga, waktu, dan gas😦

Sebetulnya ada cara yang jauh lebih praktis, yaitu menggunakan panci presto. Hanya 30 menit, ketupat bisa dinikmati. Tapi ketupat yang dimasak dengan panci bertekanan tinggi ini kurang oke penampilannya karena membuat ketupat berwarna kemerahan.

Lantas kalau enggak punya panci presto tapi tetep ngotot pingin bikin ketupat yang enggak menghabiskan energi plus hasilnya bagus, bisa enggak ya?  Setelah tanya sana-sini, ternyata dapat triknya teteeeep aja dr Mbah Google. Begini tips membuat ketupat dengan panci biasa tapi cepat prosesnya.

Didihkan air dalam panci. Masukkan selongsong ketupat yang sudah diisi beras. Rebus sejam. Habis itu matikan kompornya. Biarkan ketupat tetap dalam panci sampai airnya dingin. Sisa panas pada air yang telah mendidih tetap bekerja untuk mematangkan ketupat. Biar matangnya mantap, rebus lagi ketupat selama satu jam.

Resep memanfaatkan sisa panas dari air mendidih juga bisa digunakan untuk merebus bahan-bahan lain seperti kentang, kacang hijau, dll. Kemarin sempat juga mempraktekan cara tersebut saat mau bikin semur kentang dan bubur kacang hijau. Aku rebus kentang sampai airnya mendidih, lalu matikan kompor. Setelah dingin rebus lagi sebentar. Kentangnya empuk juga. Begitu juga dengan kacang hijau. Setelah direndam sebelumnya, kacang hijau direbus sampai mendidih, lalu matikan kompor dan dinginkan. Rebus lagi sebentar sambil masukkan jahe, irisan gula merah, garam, dan santan. Empuk juga tuh kacang hijau. Enak, ngirit waktu masak, dan hemat gas🙂

Hayooo…yang mau bikin ketupat….yang mau bikin ketupat….mari dipraktekan🙂

Selamat menyambut Lebaran….Mohon Maaf Lahir dan Batin🙂

~ oleh warungminum pada Agustus 24, 2011.

Satu Tanggapan to “Bikin Ketupat Hemat Energi”

  1. saya coba…dan…..hore…ketupatnya jadi!!!! Enak, cepet,nyantai krjnya, n bagus hasilnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: