5 Prinsip dalam Yoga

yoga

 

Sekitar tahun 2005 saya sempet tertarik Yoga, pernah dua kali saja  ikut latihan karena semangat keburu pudar begitu aja. Sekarang lagi seneng lagi sama yoga. Untuk menyemangati diri, saya baca lagi buku-buku yoga dan nonton yoga untuk pemula di youtube.

Berikut saya tuliskan 5 prinsip dalam Yoga yang saya kutip dari buku Hidup sehat dan Seimbang dengan Yoga karya Pujiastuti Sindhu.
1. Berlatih dengan Teratur
Postur yoga (asana) membantu meregangkan dan membina otot, serta menguatkan tulang dan melunturkan sendi. Asana menstimulasi pengeluaran hormon endorfin –the feel good hormone– yang menciptakan rasa nyaman pada tubuh.
2. Bernafas dalam
Bernafas dengan Dhiirga Swasam (teknik pernafasan yoga penuh) meningkatkan kapasitas paru-paru agar proses bernafas menjadi lebih optimal. Teknik-teknik pernafasan dalam pranayama juga membantu menguatkan organ tubuh internal. Meningkatkan kontrol emosi, dan memberikan sensasi relaks yang mendalam.
3. Pola Makan Seimbang
Pola Makan yang seimbang akan meningkatkan imunitas (daya tahan) tubuh, melancarkan proses alami pencernaan, meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, dan menenangkan pikiran
4. Beristirahat cukup
Menjaga ritme yang seimbang antara bekerja dan beristirahat akan mempertahankan tubuh dalam keadaan yang selalu prima dari waktu ke waktu. Beristirahatlah dalam posisi savasana ( tidur terlentang dengan tangan samping kanan dan kiri pinggul, serta kaki dibuka selebar bahu). Setelah melakukan asana akan meningkat rasa nyaman dan relaks pada tubuh, melancarkan sirkulasi darah, dan tubuh menjadi lebih stabil.
5. Berpikir positif dan Bermeditasi
Berlatih asana yang disertai pranayama dan meditasi akan memurnikan jiwa dari pikiran dan emosi negatif, serta meningkatkan rasa percaya diri. Meditasi membimbing kita masuk ke realisasi diri yang merupakan tujuan tertinggi dalam berlatih yoga.
Hm… dalem banget ya?

~ oleh warungminum pada Februari 24, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: