Awas Hipertensi!

sumber: buletinsamida.blogspot.com

 

Setiap tahun 9 juta orang di dunia meninggal akibat hipertensi atau tekanan darah tinggi dan kini 25% orang dewasa di dunia menderita hipertensi. Itu sebabnya Badan Kesehatan Dunia (WHO) menjadikan hipertensi sebagai tema  peringatan Hari Kesehatan Dunia, 7 April 2013.

Hipertensi adalah gangguan sistem peredaran darah yang menyebabkan tekanan darah berada di atas 140/90mmHg terus-menerus. Hipertensi bisa menyebabkan serangan jantung, gagal ginjal, kebutaan, dan stroke.
Penyebabnya hipertensi yang dapat dikendalikan antara lain terjadinya “karat lemak” akibat kolesterol pada dinding pembuluh darah, obesitas, konsumsi garam tinggi, stress, kurang bergerak,  kebiasaan merokok, kebiasaan mengonsumsi kafein dan alkohol berlebihan. Sementara penyebab yang tak dapat dikendalikan antara lain usia yang semakin tua dan  keturunan.

 

Pencegahan hipertensi antara lain merawat pembuluh darah agar tak berkarat lemak dan tetap lentur. Caranya, makan makanan bergizi lengkap dan bervariasi, biasakan banyak bergerak, hindari cemaran radikal bebas dari polusi udara juga asap rokok. Cegah dari sekarang sebelum “pembunuh senyap” menyelusup dalam pembuluh darah Anda!

~ oleh warungminum pada April 1, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: