Perempuan dan Buku

PEREMPUAN DAN BUKU1

Pengembangan diri, Pengajaran diri, kepercayaan diri, motivasi diri, serta solideritas adalah sedikit dari ide-ide besar R.A. Kartini. Bagaimana mungkin perempuan yang dipingit sejak  usia 12 tahun  berpemikiran sedemikian berat, kalau bukan karena ia membaca buku.

Di Kepatihan Cicalengka, Jawa Barat pada usia 10 tahun, Dewi Sartika telah membuat kegemparan karena berhasil mengajarkan bahasa Belanda pada anak-anak rakyat jelata. Di usia semuda itu, bagaimana bisa ia membuat hal mencengangkan itu, kalau bukan karena ia pembaca buku.

Cut Nyak Dhien dikenal sebagai ahli agama Islam dan pejuang. Meski rabun dan didera encok karena tua, Cut Nyak Dhien mengacungkan rencong ketika Belanda menyerbu markasnya.  Bagaimana mungkin ia begitu teguh untuk melepaskan diri dari penjajahan kalau ia tak pernah membaca dan  mengkaji bahwa kemerdekaan memberi kedamaian dan kebahagiaan?

H.R. Rasuna Said adalah perempuan pertama yang dihukum karena berbicara menentang Belanda. Ia yakin kemajuan perempuan bisa diraih di bangku sekolah dan perjuangan politik.  Itu sebabnya ia mencoba memasukan pendidikan politik di Sekolah Diniyah Putri di Padang Panjang, Sumatera Barat dan  menerbitkan beberapa majalah. Darimana datangnya pemikiran hebat itu kalau ia tidak akrab dengan buku?

Buku adalah alat berbagi pengetahuan, pembuka wawasan kehidupan. Pengetahuan  adalah sumber kebijaksanaan.  Dengan pengetahuan, manusia  bisa membayangkan masa depannya.

Setiap 21 April kita merayakan Hari Kartini dan Hari Buku Sedunia pada 23 April.   Kedua perayaan ini mengingatkan kita pentingnya buku bagi perempuan dan anak-anaknya. Ambillah buku, seraplah pengetahuan, pupuklah kebijaksanaan.  Mari bayangkan jalan keluar bagi masa depan kita. (Ynt)

sumber:buletinsamida.blogspot.com

 

~ oleh warungminum pada April 22, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: