OBAT ENAK UNTUK ANAK

 

 obat enak

 

“Aku senang minum obat, obatnya enak-enak,” kata anakku. Memang iya sih, saat ini memberi anak obat pada anak bukan lagi hal yang menegangkan karena saat ini obat untuk anak rasanya makin enak-enak. Meski begitu, untuk beberapa jenis penyakit yang tak memerlukan obat kimia seperti flu dan infeksi pencernaan ringan, saya tetap pilih obat enak dari dapur sendiri. Berikut beberapa obat enak dan praktis tersebut.

 

Mengatasi Hidung Tersumbat

Saat hidung tersumbat, paling mudah melegakan hidung tersumbat adalah dengan mengusapkan air garam di lubang hidung. Saya melakukan ini pada diri saya sendiri maupun anak saya. Caranya, 1 gelas air hangat dicampur garam seujung sendok. Basahi telunjuk dan jempol dengan air garam, lalu usapkan ke lubang hidung anak. Dalam sekejap hidung anak dapat lega lagi. Lakukan hal yang sama jika anak merasa hidungnya tersumbat lagi. Jangan teteskan larutan garam tadi ke lubang hidung. Mengusapkan di sekitar lubang hidung saja sudah cukup membantu.

 

Mengatasi Batuk Berdahak

Jika anak batuk berdahak, biasanya anak akan muntah untuk mengeluarkan dahaknya yang sudah cukup banyak. Anak saya biasanya muntah di pagi hari setelah saya beri minum air putih atau susu yang hangat.

Muntah anak biasanya berlendir/kental karena mengandung dahak. Setelah muntah berikan anak minum air putih atau teh hangat. Lalu balurkan minyak telon di dada dan punggung anak.

Saya juga mengobati batuk anak dengan memberinya buah sirsak yang matang sebagai camilan di jam makan ringan. Selain enak dan segar, buah sirsak mengandung acetogenins yang mampu meredakan batuk dan sesak nafas.

Batuk pilek pada anak ada kalanya diikuti dengan gejala buang air besar yang cair atau sedikit berlendir. Tak usah khawatir, sebab dengan mengonsumsi air cukup banyak, dahak akan dikeluarkan juga bersama feses.

 

Mengatasi Infeksi Pencernaan Ringan

Saat mengalami infeksi pencernaan akibat makan dengan tangan atau tempat yang kotor, anak akan mengalami gejala diare dengan feses yang cair. Agar kondisi saluran pencernaannya bisa saya selalu mengingat prinsip “lawan bakteri jahat di perut dengan bakteri baik”. Caranya, saya pilihkan anak beberapa makanan dan minuman yang membantu memperbanyak bakteri baik di perut. Makanan tersebut antara lain pisang, yohurt, atau susu fermentasi lainnya.

 

Mengatasi Sakit Kepala

Sakit kepala biasa muncul saat anak demam. Sakit kepala akan reda, jika penyebab utamanya diatasi. Biasanya saya beri pijatan halus pada seluruh tubuhnya agar anak nyaman. Memebri makan yang bergizi dan menyenangkan anak, memberi minum yang cukup dan bervariasi, membuatnya tidur dengan nyaman dan lelap adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan sakit kepala pada anak. (Ynt)

~ oleh warungminum pada Agustus 13, 2014.

Tinggalkan Balasan

 
