Bandung dan Perkembangan Musik Jazz

Oleh: Yenti Aprianti

(Dimuat di Kompas, Lembar Jawa Barat, Sabtu, 4 Maret 2006)

Peminat dan penikmat musik jazz di Kota Kembang terus meningkat. Adalah almarhum Sudibyo PR, salah seorang yang memperkenalkan jazz pada kalangan luas di Bandung, terutama mahasiswa, saat dia menjadi mahasiswa ITB pada tahun 1970-an.

Kala itu, Sudibyo dan kawan-kawannya sering berkumpul memutar, dan mengundang musisi jazz. Informasi tentang jazz hanya dari radio dan musisi lokal. Sekitar tahun 1925-1927, datang pemusik Filipina ke Jakarta dan Bandung. Bandung pun menjadi salah satu kota pusat perkembangan jazz di Indonesia, selain Jakarta, Bogor, Surabaya, dan Makasar. Menurut Yong, pemusik jazz tahun 1960-an, sekitar tahun 1940- an pengusaha-pengusaha perkebunan yang tinggal di perbukitan berekreasi ke Bandung dengan menginap di Hotel Preanger, dan Concordia (kini Gedung Merdeka). “Di sana mereka berdansa, musik pengiringnya jazz, mereka menyebutnya Boogie Woogie,” katanya, Jumat (4/3) di Bandung.

Tahun 1950-an, jazz juga untuk berdansa di Rainbow, kini Center Point di Jalan Braga. Di Hotel Savoy Homan ada dua musisi, Robert dan George dari keluarga Pikler. Tahun itu juga muncul grup musik Indonesia yang memainkan musik jazz,

Tahun 1960 lahir beberapa grup musik jazz, antara lain Crescendo, terdiri dari Benny Likumahua (bass), Freddy Prendi (gitar), Yong (piano), dan Bob Tutupoli.

Tahun 1970-an, jazz diperkenalkan ke kampus.Tahun 1976, jazz diperkenalkan juga lewat radio, salah satunya Warung Kopi Jazz, Radio Mara. Jazz pun terus marak di Bandung. Kelompok jazz yang masih terkenal hingga kini adalah Krakatau.

Banyak musisi jazz Indonesia besar di Bandung, di antaranya Ferry, Oele, Jacky dari keluarga Pattiselano, Benny Likumahua, Elfa Secioria, grup jazz D’Marzio, gitaris Eddy Karamoy, Freddy Prandi, dan Venche Manuhutu. (Yenti Aprianti)

~ oleh warungminum pada Maret 5, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: