Flair Bartending

Foto: Apiyenti

Foto: Apiyenti

 

Beberapa tahun lalu,  saya main ke Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung di Jalan Setiabudi. Tujuannya sih ingin mencari informasi tentang program-program studi yang diajarkan di sana. Eh, baru sampai di halaman dalam kampus, saya malah tertarik menonton beberapa mahasiswa yang sedang juggling ( lempar-tangkap) botol minuman. Seru deh nontonnya.  Tadi malam lagi buka-buka file lama, saya menemukan foto para mahasiswa yang sedang juggling itu. Hm…mungkin mahasiswa-mahasiswa itu sekarang sudah jadi bartender professional barangkali.

Dasar sukanya iseng, saya pun mulai mencari tahu kenapa sih dalam dunia racik-meracik minuman muncul atraksi juggling ini. Setelah baca beberapa beberapa artikel, ternyata juggling  hanyalah salah satu dari banyak atraksi di balik meja bar yang disebut flair bartending.

Bartending merupakan kegiatan menyajikan minuman di balik meja bar. Yang melakukannya disebut bartender atau ada juga yang menyebutnya barkeeper, barperson, barman, barmaid, mixologist, dan lainnya. Mereka biasanya dibantu oleh seseorang yang disebut barback.

Bartending dipopulerkan oleh Jeremiah Jerry Thomas (1830 – 1885).  Sebelumnya, bartending sendiri mulai dikenal sejak zaman Julius Caesar (50 SM) yang menyajikan wine pada para pengembara. Dari Roma, bartending meluas ke Yunani dan Asia. Pada abad ke 15 yang menjadi Bartender adalah para tuan rumah maupun pemilik bar yang dibantu asisten perempuan. Para bartender dan pemilik bar biasanya kaum elit atau sosialita masa itu.

Tak hanya meramu dan menyajikan minuman, seorang bartender sebaiknya bisa menghibur pengunjung dengan atraksi yang memukau.  Seni pertunjukan ditampilkan lewat berbagai atraksi antara lain juggling, shaker (memutar botol minuman), menyulut minuman dengan api, dan melakukan bar-magic. Aksi-aksi ini disebut flair.

Istilah flair bar diciptakan oleh Toby Ellis pad atahun 1997. Ellis juga merupakan pendiri dan presiden pertama Fliar Bartender Association (FBA). FBA dianggap sebagai otoritas global penyelenggara kompetisi flair bar. Sejak tahun 1998, kompetisi flair bar tingkat dunia untuk pertama kalinya diselenggarakan untuk mengapresiasi bakat-bakat para bartender di seluruh dunia. (Ynt)

 

Sumber:

mixologic.blogspot.co.id

bar.id dalam kaskus.co.id/thread/5259184cbfcb172405000001/tentang-bartender/

~ oleh warungminum pada Maret 30, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: